Selasa, 01 April 2014

Wijanarko S. - Wayang Kurawa




Buku Pewayangan Indonesia - Bahasa Indonesia
Pustkaka Wayang Purwa Gaya Yogyakarta

Membuka Tabir Misteri  tokoh - tokoh 
WAYANG KURAWA

Penyusun : Wijanarko Setyowibowo
Penerbit : Toko Buku SG/ SR - Yogyakarta, Cetakan I - th 1990

Buku Pewayangan Format Buku tulis, kertas HVS 130 halaman .
Bercerita tentang bentuk-bentuk muka tokoh wayang Kurawa yang berjumlah 100 orang, namun di buku ini hanya diperlihatkan bentuk-bentuk muka tokoh Kurawa di luar yang sering dimunculkan dalam pentas-pentas Pertunjukkan Wayang Kulit lakon Mahabharata versi Jawa - Indonesia.
Para penggemar wayang umumnya hanya mengerti tokoh-tokoh kurawa seperti : Duryudana (Suyudana), Dursasana, Dursilawati, Durmagati, Kartamarma, Citraksa, dan Citraksi. atau 7 tokoh yang sering dimunculkan dalam pertunjukan wayang lakon Mahabharata. Sedangkan dalam lakon Bharatayuda barulah akan muncul tokoh Kurawa sebanyak kurang lebih  22 karakter (tergantung pakem dalang yang dipakai) termassuk 7 tokoh utama tadi. Lalu seperti apa kira-kira perwujudan tokoh yang 78 orangsisanya itu. Di buku ini digambarkan tokoh-tokoh yang tidak pernah muncul tersebut. Bentuk muka tokoh di buku ini mengikuti cengkok (gaya pewayangan) Yogyakarta.
Kondisi buku eks koleksi,  masih asli,  cover ada sobekan sedikit di bagian pinggir, namun selebihnya masih bagus, rapi dan cukup  mulus.

Harga buku : Rp 75.000,-
SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titi Nginung - Opera jakarta

    Novel Drama Best Seller  OPERA JAKARTA Karya : Titi Nginung Penerbit : Gramedia - Jakarta, Cetakan I - th. 1984 Novel Drama kehidupan me...