Minggu, 06 Oktober 2013

Sanoesi Pane - Sandyakalaning Majapahit

Novel Drama sejarah

SANDHYAKALA NING MAJAPAHIT

Karya : Sanoesi Pane
Penerbit : P & K- Pustaka Jaya - Cetakan ke 2 -th 1975

Buku cerita sejarah beberbentuk naskah drama yang sangat bagus dari penyair dan Pujangga sastra lama Indonesia. Sanoesi Pane. Penyair Indonesia yang sangat tekenal pada era sebelum dan sesudah Indonesia merdeka ( 1930 - 1960) . Terkenal pula dengan karya-karya tulisnya yang menyentuh diantaranya menggubah ceirta sejarah dalam bentuk drama ini. Juga cerita drama ini merupakan salah satu karya sastra Indonesia terbaik.
Buku ini menceriterakan sebuah babak drama kehidupan di salah satu akhir dinasti  Majapahit, yang terjadi di masa akhir-akhir kejayaan Majapahit. Sebuah cerita yang jarang diketahui masyarakat.... hingga kitapun bertanya-tanya benarkah peristiwa tragis ini pernah terjadi ?  Memang antar beberapa sumber Sejarah tidak menceriterakan nama-nama tokoh bangsawan Majapahit yang sama, meski alaur ceritanya sama. Dengan membaca cerita ini anda akan mebayangkan Damarwulan sepertinya adalah Raden Gajah, ... padahal dalam buku yang lain lagi Raden Gajah diceriterakan sebagai salah satu keturuanan Mahapatih Gajahmada . Agak membingungkan memang namun cerita ini disarikan dari 3 kitab : serat Kanda Damarwulan, Pararathon dan Negarakrtagama  hingga menjadi jalinan cerita drama yang indah, juga mengharukan.
Kondisi bekas taman baca, masih originil rapi dan bagus.

Harga : RP 45.000,-
SOLD

1 komentar:

  1. Wah, saya sedang mencari buku ini dan ternyata sudah terjual. Kalau ada info di mana saya bisa mendapatkan buku ini, dengan senang hati saya terima :) Terima kasih.

    BalasHapus

Titi Nginung - Opera jakarta

    Novel Drama Best Seller  OPERA JAKARTA Karya : Titi Nginung Penerbit : Gramedia - Jakarta, Cetakan I - th. 1984 Novel Drama kehidupan me...